Home » , , » Awas, Nyeri Punggung Akibat Tas Sekolah Terlalu Berat

Awas, Nyeri Punggung Akibat Tas Sekolah Terlalu Berat

Written By arnoldy septiano on Rabu, 09 Januari 2013 | 08.54


ANAK-ANAK dengan tas sekolah yang berat menghadapi risiko lebih besar untuk menderita nyeri punggung, demikian hasil satu studi paling akhir.

Satu tim peneliti Spanyol melaporkan kaitan tersebut ditemukan pada lebih dari 1.400 anak sekolah yang berusia antara 12 dan 17 tahun di Galicia Utara, Spanyol, demikian laporan di jurnal Inggris, Archives of Disease in Childhood.

Semua murid tersebut dipecah menjadi empat kelompok dengan dasar berat tas mereka, seperti dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta.

Siswa yang berada di kelompok dengan tas paling berat memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk menderita nyeri punggung, dan risiko 42 persen lebih tinggi untuk menderita patologi punggung, dibandingkan dengan kelompok dengan tas paling ringan.

Patologi punggung umum pada murid adalah scoliosis --yaitu lengkungan tidak normal pada tulang belakang.

"Hasil yang diperoleh memiliki dampak kuat," kata penulis bersama studi itu, Profesor Alberto Ruano, dari University of Santiago de Compostel di Spanyol di dalam jurnal tersebut.

"Kami sangat mendorong masyarakat pendidikan dan medis agar mulai memberi penjelasan kepada para orang tua dan anak sekolah mengenai risiko yang ditimbulkan oleh tas sekolah yang berat dan kenyataan bahwa risiko ini dapat dengan mudah dikurangi," ia menambahkan.
(ant/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger