Home » , » Asap Bikin Masakan Makin Nikmat

Asap Bikin Masakan Makin Nikmat

Written By tonitok on Selasa, 15 Januari 2013 | 01.50

TAHUN baru memang paling seru menikmati makanan yang diolah dengan barbeque. Tahukah Anda kalau teknik mengolah makanan satu ini selalu bisa membuat rasa makin nikmat. Kuncinya adalah terletak di asap.
Mengolah makanan dengan cara barbeque dikenal juga dengan teknik pengasapan. Ini merupakan proses memanggang dengan mengasapi makanan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama.

Asap tentu saja jadi aspek penting untuk menambah rasa makanan yang dipanggang. Salah satu proses dalam barbeque ini memerlukan suhu api sekitar 90-100 derajat Celcius. Untuk memanggang daging yang cukup tebal butuh sekitar 45 menit.

Dalam pengasapan, pemilihan kayu sebagai bahan bakar jadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. Berbeda jenis kayu, seperti dilansir dari Best Food, akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.
Biasanya, kayu keras dan tanpa getah seperti kayu dari pohon buah dan kacang-kacangan bagus untuk pengasapan. Lalu, mengapa asap dari pembakaran kayu ini jadi hal penting?

Asap mengandung nitrat yang akan memulai reaksi kimia dalam daging, sehingga menghasilkan rasa. Daging yang melalui tahap pengasapan juga memiliki banyak kelebihan, seperti masa kedaluwarsa makanan jadi lebih lama, rasa yang lebih kaya serta teksturnya lebih lembut.

Jadi, untuk pesta –pesta selanjutnya, jangan lupa perhatikan karakteristik kayu agar hidangan barbeque makin nikmat. (yul)

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger