Home » , » Kacang Hijau, Si Mungil Berkhasiat Besar

Kacang Hijau, Si Mungil Berkhasiat Besar

Written By arnoldy septiano on Senin, 28 Januari 2013 | 11.16

SI MUNGIL  kacang hijau tidak hanya bisa dinikmati anak-anak, karena manfaatnya sangat besar untuk kesehatan semua orang di berbagai usia. Dilansir dari Hubpages, inilah manfaat hebat kacang hijau.

Sumber Mineral

Kacang hijau adalah makanan yang menjadi salah satu sumber mineral. Beberapa mineral penting yang terkandung di dalamnya adalah kalium, magnesium, asam folat, seng, besi, dan fosfor. Kalium dan magnesium penting untuk menjaga kesehatan jantung. Asam folat dan zat besi penting untuk kesehatan wanita, terutama wanita hamil dan ibu yang sedang menyusui.

Kaya Serat

Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga kadar gula darah.

Sumber Vitamin C

Tak banyak yang tahu bahwa kacang hijau adalah sumber vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga mempercepat penyembuhan penyakit seperti demam, sakit tenggorokan, pilek, dan flu. Manfaat yang sama bisa Anda dapatkan dari biji kacang hijau yang sudah tumbuh menjadi kecambah.

Kaya Protein
Sebagai nutrisi yang dapat membangun tubuh, Anda harus mendapatkan asupan protein yang cukup setiap hari. Berbeda dengan protein hewani yang seringkali masih mengandung lemak jenuh, kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik tanpa kadar lemak jenuh. Semangkuk bubur kacang hijau yang tidak terlalu manis adalah sumber protein yang sehat.

Baik untuk Jantung

Manfaat hebat lain dari kacang hijau adalah baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan fleksibilitas dari arteri dan vena. Dengan demikian, kacang hijau sangat baik membantu mengatur tekanan darah yang sehat.

Memiliki Efek Detoksifikasi

Kacang hijau memiliki manfaat detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dalam pengobatan alami di Cina dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk detoksifikasi (pengeluaran racun) dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit kronis. Kacang hijau juga memiliki sifat anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

Menurunkan Berat Badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan? Kacang hijau yang rendah kalori (asal tidak dimasak dengan santan dan kaya gula) adalah sumber serat yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil akan tertahan. Mengonsumsi kacang hijau dapat melancarkan buang air besar sekaligus menekan rasa lapar. Anda akan terhindar dari ngemil makanan berkalori tinggi atau makanan berlemak.
(vem/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger