Home » , , » Peluk Orang Sembarangan Bisa Bikin Stres

Peluk Orang Sembarangan Bisa Bikin Stres

Written By arnoldy septiano on Senin, 28 Januari 2013 | 11.29

BANYAK penelitian mengungkap tentang manfaat pelukan bagi kesehatan. Mulai dari memicu relaksasi hingga menyehatkan jantung.

Studi terbaru yang dilakukan para peneliti di University of Vienna juga menemukan bahwa hormon oksitosin akan dilepaskan ke dalam aliran darah ketika seseorang memeluk teman dekat. Dengan tekanan darah yang rendah ini maka stres dan kecemasan pun berkurang serta memori meningkat.
Meski demikian, penelitian juga menyebutkan bahwa tak semua pelukan bermanfaat bagi kesehatan. Memberikan pelukan kepada seseorang yang tak Anda kenal justru memiliki efek sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus selektif memilih orang untuk dipeluk.

Hormon oksitosin diproduksi oleh kelenjar pituitari. Pada wanita, hormon oksitosin diproduksi saat proses kelahiran dan saat menyusui. Memeluk seseorang yang Anda percaya bisa melembutkan kepribadian. Menurut para peneliti, seseorang yang sering memeluk orang terkasih menjadi lebih berempati dari waktu ke waktu.

"Bagaimana pun efek positif hanya terjadi jika orang-orang saling percaya, jika perasaan terkait yang muncul sama dan jika sinyal yang sesuai dikirim keluar," ujar ahli neurofisiologi, Jürgen Sandkühler.

"Jika orang tidak mengenal satu sama lain atau jika pelukan tersebut tidak diinginkan oleh kedua belah pihak, efeknya hilang."

Ketika seseorang menerima pelukan yang tidak diinginkan dari orang asing atau bahkan orang yang dikenal, hormon oksitosin  tidak dilepas dan tingkat kecemasan meningkat. Hal tersebut, ujar Sandkühler, terjadi karena perilaku seseorang dalam menjaga jarak diabaikan.

"Dalam situasi ini, kita mengeluarkan hormon stres kortisol," kata Sandkühler. (vl/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger