Home » , » Kurang Percaya Diri saat Wawancara Kerja

Kurang Percaya Diri saat Wawancara Kerja

Written By Harian Semarang on Rabu, 16 November 2011 | 09.32

SETIAP Selasa, Harsem memuat rubrik Konsultasi Kepribadian yang diasuh oleh Bonita D Sampurno, pakar kepribadian dan Direktur YPI Training Centre and Consultancy Semarang.

Pertanyaan bisa dikirim ke redaksi Harsem Jl KH Wahid Hasyim No 125-127, Kranggan Semarang, fax 024-3516531, atau e-mail: harian.semarang@yahoo.com.




Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr. Wb
IBU Bonita, akhir-akhir ini saya disibukkan dengan panggilan wawancara dari berbagai perusahaan. Sejak lulus kuliah tahun lalu saya mengirimkan banyak lamaran. Tetapi setiap mengikuti wawancara, perasaan grogi dan kurang percaya diri terus menghantui. Rasanya tidak yakin dengan jawaban yang diberikan saat wawancara. Apalagi kemampuan berbahasa Inggris saya hanya pasif. Akibatnya saya selalu gagal tes wawancara. Bagaimana ya, Bu cara menambah rasa percaya diri agar bisa lolos seleksi? Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Andi
Melalui email andy_coke@hotmail.com

Jawab:
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Adik Andi, yang menyebabkan menjadi tidak percaya diri kemudian menjadi grogi saat wawancara adalah karena Anda sudah terlebih dahulu merasa kurang bisa berbahasa Inggris. Untuk itu, sebaiknya dicari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Cermati iklan lowongan apakah formasinya sesuai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya:
  1. Bidang usaha yang dikerjakan. Pertimbangkan hal ini untuk mengukur minat dan latar belakang, apakah cocok dengan bidang usaha tersebut.
  2. Syarat yang diminta, apakah sesuai dengan kompetensi. Misalnya harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kalau memang kita merasa belum mampu, buat apa kita melamar? Malah membuat kita grogi. Juga syarat-syarat fisik yang lain, misalnya, tinggi badan atau memiliki kendaraan bermotor. Nah, jika memang merasa tak memenuhi persyaratan tersebut, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri.
  3. Perhatikan batas waktu pengiriman surat lamaran agar tidak buang-buang energi karena mungkin tenggat waktunya sudah lewat. Kalaupun memang kita tetap ingin bekerja di perusahaan tersebut, mungkin bukan saat ini waktunya. Coba tingkatkan kemampuan diri terlebih dahulu, misalnya dengan belajar atau mengikuti kursus bahasa Inggris.
Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan wawancara? Kita tunggu di edisi Selasa depan ya. Terimakasih Dik Andi. Sukses selalu.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger