Home » , , » , Musik Bisa Bantu Menahan Rasa Sakit

, Musik Bisa Bantu Menahan Rasa Sakit

Written By arnoldy septiano on Kamis, 31 Januari 2013 | 08.46

MENURUT  penelitian terbaru, musik ternyata mampu meningkatkan hormon endorfin dan meningkatkan ambang batas rasa sakit yang dialami tubuh.

Seperti dikutip MedicalDaily, penelitian oleh ilmuwan Robin Dunbar dari Oxford University dan koleganya dari University of Liverpool dan Binghamton University, Inggris, menyimpulkan bahwa tubuh orang yang bermain musik akan mengalami peningkatan produksi endorfin.

Seperti yang kita ketahui, endorfin dinyatakan sebagai opiat alami. Sayangnya, efek positif tersebut tidak akan tampak pada orang yang hanya mendengarkan musik.

Para ilmuwan tersebut lalu menjalankan 4 penelitian yang membuktikan bahwa orang yang bermain musik seperti penari, pemain musik, dan penyanyi, mengalami peningkatan produksi endorfin dan memiliki emosi lebih positif.

Hasil penelitian ini sekaligus menjawab alasan mengapa musik menjadi bagian dari ritual religius atau militer. Menurut teori lainnya, musik juga dibutuhkan untuk menenangkan balita yang dalam fase tantrum. (yh/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger