Home » , » Tips Memilih Sepatu Anak

Tips Memilih Sepatu Anak

Written By tonitok on Selasa, 15 Januari 2013 | 01.29

ANDA harus cermat dan pintar memilihkan sepatu untuk anak. Anak-anak yang masih dalam masa perkembangan membutuhkan alas kaki yang nyaman dan tidak mengganggu proses pertumbuhan kaki mereka.

Tips ini bisa Anda pakai saat membeli dan memilih sepatu untuk anak:

Tunggu Sampai Anak Bisa Berjalan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kaki bayi dan balita akan berkembang lebih baik jika mereka belajar berjalan tanpa alas kaki. Sepatu yang bisa Anda pakaikan adalah sepatu yang sangat lunak dan lentur sesuai ukuran telapak kaki bayi. Sepatu yang keras dan terlalu sempit akan menekan telapak kaki, bisa menyebabkan cedera dan membuat tumbuh kembang kaki terganggu.

Selalu Beli Sepatu dengan Ukuran Yang Tepat
Anak-anak tumbuh dengan cepat, demikian halnya dengan ukuran sepatu. Anda tidak bisa berpatokan pada nomor sepatu atau ukuran panjang telapak kaki yang lama. Selalu ajak anak untuk membeli sepatu dan mencoba sepatunya. Ide untuk menggambar pola kaki anak dan mencocokkannya dengan ukuran sepatu di toko tidak terlalu tepat, karena anak harus merasa nyaman saat mencoba sepatu barunya.

Beli Pada Malam Hari dan Coba Pada Kedua Kaki

Ukuran kaki dapat berubah dalam satu hari, dan akan mengalami ukuran terbesar pada malam hari. Karena itu, ajak anak-anak Anda untuk membeli sepatu pada malam hari. Selalu coba sepatu pada kedua kaki, karena tidak ada ukuran telapak kaki yang sama walaupun perbedaan ini sangat kecil.

Trik Mencoba Sepatu Anak di Toko
Jangan hanya mencoba sepatu pada kedua kaki sambil duduk. Minta anak Anda berjalan beberapa langkah mondar-mandir. Tanyakan padanya apakah kulitnya terasa nyaman, lecet, jari-jarinya tergencet atau ada bagian yang tidak enak saat sepatu tersebut dipakai berjalan. Sedikit saja ada rasa tak nyaman, batalkan membeli sepatu tersebut. Jika sepatu yang dipakai akan digunakan bersama kaos kaki (biasanya sepatu sekolah), coba sepatu tersebut dengan memakai kaos kaki yang dibawa dari rumah.

Pilih Sepatu Berkualitas
Selalu pilih sepatu berkualitas baik  untuk anak Anda. Sepatu berkualitas di sini adalah memiliki sol yang nyaman, tidak licin saat dipakai berjalan di lantai, dan terbuat dari bahan yang berpori dan dapat menyerap keringat. Sepatu dengan kualitas yang buruk tak memberi topangan pada telapak kaki dengan baik. Kadang, bahan sepatu kualitas buruk bisa membuat kulit anak melepuh dan kemerahan.

Pilih Sepatu Dengan Perekat Yang Nyaman
Anak cenderung aktif bergerak, pastikan Anda memilihkan sepatu dengan perekat yang baik dan nyaman. Untuk sepatu yang diikat dengan tali, pastikan anak Anda telah menguasai caranya. Sepatu bertali akan menyulitkan anak jika harus sering melepas dan memakai sepatu saat berkunjung ke rumah saudara dan kerabat.

Hindari Sepatu Hak Tinggi
Kami tahu, anak-anak perempuan selalu tertarik dengan sepatu hak tinggi, beberapa produsen sepatu bahkan memproduksi sepatu hak tinggi khusus untuk anak-anak. Jangan memakaikan anak dengan sepatu jenis ini. Kaki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tidak baik jika mendapat tekanan pada tumit dan lutut saat memakai hak tinggi. Jangan abaikan kesehatan kaki anak hanya demi tampil modis semata.

Jangan Beri Sepatu Kakak untuk Adik
Mewariskan sepatu kakak untuk adik bisa saja dianggap sebagai media yang murah dan tidak membuang-buang uang. Tetapi ingat, setiap anak memiliki pola telapak kaki yang berbeda. Sepatu milik kakak dipastikan sudah molor/memuai dan menyerupai pola telapak kaki kakak yang berbeda dengan adiknya. Karena itu, sebaiknya Anda tidak memberlakukan pola memberi sepatu kakak untuk adik. (vem/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger