Home » , , » Tujuh Khasiat di Balik Manisnya Sari Tebu

Tujuh Khasiat di Balik Manisnya Sari Tebu

Written By tonitok on Selasa, 15 Januari 2013 | 01.27


MINUMAN sari tebu belakangan ini telah meramaikan ranah kuliner. Kelezatan rasanya pun semakin terasa di kala dinikmati saat dingin. Dahulu, semua orang hanya bisa menikmati tebu lewat batangnya, batang tebu yang telah dipotong digigit-gigit hingga keluar sarinya.

Melansir Boldsky, ternyata kebiasaan yang dilakukan orang zaman dulu bukan tanpa alasan. Di balik rasanya yang manis sari tebu menyimpan banyak khasiat kesehatan.

Pencegah Penyakit Kuning
Jus tebu adalah obat alami untuk penyakit kuning. Penyakit ini diakibatkan karena bilirubin yang berlebihan dalam darah, sehingga kulit berubah menjadi kuning. Di samping itu, penyakit ini juga berujung serangan pada liver atau hati. Untuk mempercepat kesembuhan, Anda dapat mengkonsumsi dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

Infeksi
Minuman manis ini juga dipercaya dapat meredakan rasa nyeri infeksi pada saluran kemih, penyakit seksual, dan peradangan perut. Cukup dengan satu gelas sari tebu, rasa nyeri hilang dalam sekejap.

Batu Ginjal
Salah satu penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan jus tebu adalah batu ginjal. Penyakit ini juga dikenal dengan infeksi saluran kemih. Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi membentuk batu dalam ginjal, sehingga hadirkan rasa sakit dan pendarahan saat buang air seni. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan sari tebu untuk meluruhkan batu yang bersarang di ginjal.

Aman untuk Diabetes
Meski memiliki rasa manis, sari tebu aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Pasalnya, gula yang terkandung dalam sari tebu adalah gula alami bukan pemanis buatan. Jus tebu juga dapat menjaga kadar glukosa untuk tetap seimbang.

Demam
Tebu memiliki bank vitamin yang baik untuk tubuh. Sari tebu kaya fosfor, zat besi, kalium dan magnesium. Penelitian menunjukkan, jus tebu juga dapat dijadikan obat ampuh menurunkan demam.

Cegah Kanker
Sari tebu memiliki sifat alkali, yang berarti dapat mencegah kanker. Untuk lebih spesifik, sifat ini sangat berpengaruh pada jenis kanker usus, paru-paru dan payudara.

Rehidrasi
Menyalahi aturan minum 8 gelas sehari kerap buat dehidrasi. Untuk mempertahankan cairan tubuh, sari tebu dapat menjadi solusi. Bahkan saat musim panas, sari tebu juga bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan panas tubuh. (vl/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger