Home » , , » Sarapan Hindarkan Anak dari Obesitas

Sarapan Hindarkan Anak dari Obesitas

Written By tonitok on Selasa, 15 Januari 2013 | 01.25


INGIN anak Anda berprestasi di sekolah? Biasakanlah mereka untuk tidak melewatkan sarapan pagi. Ini karena sarapan memberikan energi dan zat gizi yang diperlukan anak agar lebih fokus dan berkonsentrasi mengikuti pelajaran di sekolah.

"Membiasakan sarapan bergizi dan tepat waktu, penting dilakukan terutama bagi anak usia sekolah dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak," ucap Ketua Umum PDGMI, Dr Rachmi Untoro, MPH pada acara Deklarasi Pekan Sarapan Nasional & Simposium Nasional Sarapan Sehat.

Ia juga mengatakan bahwa membiasakan anak sarapan sejak dini juga dapat melatih disiplin anak yang akan berdampak pada kehidupannya. Penelitian yang dilakukan Cueto S dan Chinen M tahun 2008, menyimpulkan bahwa anak sekolah yang sarapan setiap pagi meraih skor tes memori, tes penyelesaian masalah dan prestasi belajar yang lebih baik dibanding anak yang tidak sarapan.

Sarapan dapat mengatur fungsi otak dengan tiga mekanisme biologis, yaitu memberikan energi (glukosa) dan zat gizi pada sistem saraf pusat, memberikan zat gizi penting bagi tubuh, serta mengatur efisiensi kemampuan berpikir.

Penelitian juga menunjukkan adanya keterkaitan antara tidak rutin melakukan sarapan dengan kegemukan. Anak yang rutin melakukan sarapan cenderung memiliki berat badan normal.

Penelitian yang dilakukan Haug E pada pada tahun 2009 terhadap 200 ribu anak sekolah yang kelebihan berat usia 11 hingga 15 tahun dari beberapa negara di Eropa menunjukkan bahwa melewatkan sarapan merupakan faktor risiko utama terjadinya kelebihan berat badan. (vl/yul)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIANSEMARANG - Rupa Rupa - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger